Praktikum teleskop merupakan salah satu tugas yang harus ditempuh oleh mahasiswa sebagai syarat kelulusan dalam mata kuliah kosmografi. Mahasiswa dibagi menjadi 20 kelompok, setiap kelompok terdiri atas 3-4 mahasiswa. Setiap kelompok diberi tugas untuk memotret permukaan bulan dengan menggunakan Teleskop Reflektor Sky-Watcher seri Maksutov Cassegrains milik Laboratorium Kosmografi Pendidikan Geografi FKIP UMS. Sebelum melakukan pengamatan, setiap kelompok diberi pembekalan mengenai bagian-bagian teleskop dan fungsi setiap bagiannya. Setiap kelompok harus mandiri dalam penggunaan teleskop karena penggunaan teleskop menjadi salah satu unsur penilaian dalam mata kuliah kosmografi. Mahasiswa juga belajar telebih dahulu tentang materi bola langit sehingga mahasiswa lebih paham mengenai pergerakan semu harian benda langit. Pengetahuan mengenai materi bola langit sangat penting dalam mengoperasikan teleskop untuk pengamatan.

Satu malam hanya diperbolehkan untuk pengamatan satu kelompok sehingga terdapat 20 malam yang digunakan untuk melakukan pengamatan. Setiap kelompok mengamati fase bulan yang berbeda-beda sehingga diperoleh gambar tiap fase yang digabungkan secara utuh.

Mempelajari benda langit merupakan objek material dari ilmu kosmografi. Kosmografi perlu dipelajari dalam ilmu geografi karena bumi adalah bagian yang tak terpisahkan dari alam semesta sehingga fenomena yang ada mengenai benda langit dapat berimbas bagi kehidupan di bumi. Hal tersebut mendorong manusia untuk selalu belajar mengamati pola-pola aktivitas benda langit sehingga manusia bisa memahami pola tersebut. Wallahu’alam bishowab.

 

Tags: , ,