Isu perubahan iklim yang sudah diperbincangkan sejak lama sampai sekarang belum menemukan titik temu. Berbagai usaha dan kesepakatan telah dilakukan secara global namun kenaikan suhu udara global tetap berlanjut. Laju pemanasan global harus segera mendapatkan solusi untuk menyelamatkan lingkungan dan tentunya generasi manusia yang akan datang. Isu perubahan iklim dan pemanasan global menjadi penting untuk calon pendidik geografi agar lebih bijak dalam menyikapi perubahan iklim dalam kehidupan sehari-hari.

Kuliah umum di Program Studi Pendidikan Geografi dilaksanakan setiap semester (setahun dua kali) untuk menambah wawasan mahasiswa pendidikan geografi karena pembicara kuliah umum berasal dari akademisi mapupun praktisi luar UMS. Pada semester gasal TA 2019/2020, kuliah umum dilaksanakan pada tanggal 4 Desember 2019 yang bertempat di Auditorium Moh. Djazman Universitas Muhammadiyah Surakarta. Kegiatan tersebut diikuti oleh semua mahasiswa aktif Pendidikan Geografi FKIP UMS. Pada kuliah umum tersebut mengundang Assoc. Prof. Mohd. Hairy bin Ibrahim. Beliau adalah pemerhati perubahan iklim dan juga merupakan Dekan dari Fakulti Sains Kemanusiaan Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia. Beliau menyampaikan materi dengan judul “Climate Changes, SDGs and Education for Sustainable Development Approach”.

Materi yang disampaikan pada kuliah umum diawali dengan kondisi perubahan iklim dan pemanasan global saat ini kemudian upaya-upaya yang telah dilakukan hingga saat ini termasuk konvemsi-konvemsi yang telah disepakati oleh negara-negara di dunia. Pembicara juga membahas tentang iklim mikro yaitu berupa pulau bahang atau Urban Heat Island (UHI). UHI juga menjadi fenomena penting dan perlu diperhatikan pada iklim mikro di daerah perkotaan. Pada akhir pembahasan, nara sumber membahas pentingnya peran geografi dalam meminimalisir dampak perubahan iklim dan mengurangi laju pemanasan global. Semoga tujuan dari kuliah umum ini dapat tercapai dan terwujud dengan baik dan diimplementasikan oleh segenap civitas akademika Program Studi Pendidikan Geografi FKIP UMS.