Kemajuan teknologi dapat merubah berbagai aspek kegiatan dalam kehidupan manusia. Pendidikan sebagai salah satu aspek yang tak terpisahkan pada kehidupan manusia juga mengalami perubahan dari waktu ke waktu karena kemajuan teknologi pada setiap zamannya. Pembelajaran geografi di sekolah saat ini hanya mengandalkan buku dan media pembelajaran konvensional seperti globe, peta cetak, dan atlas. Kemajuan teknologi seperti berkembangnya teknologi digital dapat dimanfaatkan untuk membuat media pembelajaran yang interaktif dan disesuaikan dengan potensi lokal yang ada di sekitar sekolah. Pemanfaatan teknologi digital tersebut seperti masifnya penggunaan Google Maps, Google Earth, software pengolah data SIG, dan data spasial yang dapat diunduh secara gratis dan dapat dimanfaatkan untuk pembuatan media pembelajaran di kelas.

Menyadari hal tersebut, Program Studi Pendidikan Geografi FKIP UMS menggandeng Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Geografi Kabupaten Boyolali untuk melaksanakan pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis SIG. Pelatihan (Workshop) ini dilaksanakan dua kali, yang pertama dilaksanakan di Laboratorium Komputer FKIP Kampus 1 UMS pada tanggal 16 Januari 2020 sedangkan pelatihan kedua dilaksanakan di Laboratorium Komputer SMA N 1 Ngemplak Boyolali pada tanggal 20 Februari 2020. Pelatihan ini menggunakan software QGIS karena software ini bersifat open source sehingga lebih mudah dalam melakukan penginstalan di komputer. Pelatihan ini dilakukan oleh dosen Pendidikan Geografi FKIP dan dibantu oleh beberapa mahasiswa.

Guru-guru Geografi secara antusias mengikuti pelatihan yang dilaksanakan selama dua kali tersebut. Guru-guru juga diberi tahu tentang sumber data yang bisa dimanfaatkan untuk membuat media pembelajaran berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG). Diharapkan dengan adanya pelatihan ini guru-guru geografi dapat lebih membuat pembelajaran geografi lebih menarik dan membuat media pembelajaran yang bervariasi dengan memanfaatkan teknologi dan memanfaatkan berbagai sumber yang ada di internet baik yang bersifat spasial maupun non spasial.

 

Tags: , , , , ,