Program Studi (prodi) Pendidikan Teknik Informatika (PTI) bekerja sama dengan Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menyelenggarakan pertemuan ilmiah bertajuk Seminar Nasional GEOTIK 2018, Sabtu, 28 April 2018. Tema yang diusung dalam semnas kali ini adalah “Literasi Digital untuk Pendidikan Aman Berkelanjjutan”. Berakar dari berkembang pesatnya teknologi digital di era revolusi industi 4.0 ini maka tema ini diambil, kata ketua Panitia, Drs. Suharjo, M.Si. dalam sambutannya.

Dua Pembicara ahli dibidangnya masing-masing diundang sebagai Narasumber, yaitu Prof. Dr. rer. nat. Muh Aris Marfai, S.Si., M.Sc., Pakar Geomorfologi Bencana dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, dan Assoc. Prof. Mochamad Hariadi, Ph.D. Pakar Digital Multimedia dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Keduanya memaparkan pentingnya melek teknologi digital dari dua sudut pandang berbeda, yaitu dari ilmu komputer dan ilmu geografi. Dikatakan keduanya bahwa keduanya memiliki keterkaitan yang sangat erat meskipun dari latar belakang pendidikan sangat berbeda.

Kegiatan yang diikuti oleh para peneliti dari berbagai daerah di Indonesia ini merupakan pertemuan yang kedua kali setelah tahun 2017 lalu diawali di tempat yang sama. Rencananya, ke depan kegiatan ini akan dijadikan sebagai kegiatan rutin tahunan, kata Suharjo. Harapannya, kegiatannya semakin baik dari tahun ke tahun sehingga mampu memberikan arah perubahan sesuai dengan visi-misi Universitas

 

Tags: ,