Palu, 24 September 2018

Sebanyak 4 mahasiswa Pendidikan Geografi UMS yang tengah menjalani KKNDIK di Kota Palu mengajak mahasiswa program studi lain bergabung dalam kegiatan sosialisasi Pendidikan mitigasi bencana gempa bumi di panti asuhan.

Salah satu program KKNDIK yang dilaksanakan mahasiswa ialah pemberian Pendidikan mitigasi bencana gempa bumi pada anak-anak Panti Asuhan Muhammadiyah Nunu pada hari minggu 12 Agustus 2018, selain kegiatan pemberian materi terkait mitigasi becana dan simulasi bencana terdapat juga kegiatan ice breaking dan games demi memotivasi anak-anak dalam menyimak meteri terkait Pendidikan mitigasi bencana gempa bumi.

Pendidikan mitigasi bencana gempa bumi dilaksanakan berdasarkan adanya sesar Palu Koro adalah salah satu sesar aktif di daratan Sulawesi Tengah, sehingga mengakibatkan Palu masuk dalam deretan daerah rawan bencana gempa bumi di Indonesia.

“Pemilihan lokasi panti asuhan sebagai lokasi pemberian pendidikan mitigasi bencana karena anak-anak merupakan salah satu kelompok rentan menjadi korban bencana. Adanya pendidikan mitigasi bencana ini diharapkan anak-anak dapat mengurangi risiko bencana, melalui peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana. Mitigasi dilakukan untuk mengurangi risiko/dampak yang ditimbulkan oleh bencana gempa bumi seperti korban jiwa, kerugian ekonomi,dan kerusakan sumberdaya alam.” ujar salah satu mahasiswa dari Pendidikan Geografi,