Pabelan, 27 September 2018.

Program Pengenalan Lapangan Persekolah (PLP) 2 yang terintegrasi dengan Kuliah Kerja Nyata Pendidikan (KKN-Dik) resmi berakhir. Berakhirnya program PLP2 ini ditutup dengan penganugerahan film dokumenter yang dibuat oleh masing-masing per destinasi, baik itu destinasi yang di Luar Negeri maupun di Daerah Strategis Pengembangan Amal Usaha Muhammadiyah (DSP-AUM). Acara penganugeraahan yang terselenggara pada hari Selasa, 25 September 2018 bertempat di Ruang Seminar Lantai 7 Gedung Induk Siti Walidah berlangsung sangat meriah.

Kemeriahan acara tersebut tertampak pada setiap raut wajah para peserta PLP2, banyak dari mereka yang menyebutkan bahwa mereka saat melakukan PLP2 ini di setiap destinasi sangat menikmati dan kebanyakan dari mereka apabila sewaktu-waktu ingin mengunjunginya lagi, karena mereka disana banyak sekali menemukan hal baru. Terlebih lagi bagi peserta yang memilih destinasi DSPAUM, banyak dari mereka mengatakan dan membandingkan kalau sekolah-sekolah yang diluar Jawa harus mendapatkan perhatian yang cukup serius.

Adapula salah satu peserta dari destinasi Mataram, Lombok yang menceritakan bahwa, “Kami saat di lombok sangat-sangat mendapatkan sebuah pengalaman yang berharga, karena pada saat kami disana terjadi gempa yang meluluh lantangkan bangunan di Lombok. Banyak isu-isu yang menyudutkan kami disana, ada yang mengatakan saat kami disana kami dalam keadaan terlantar. Semua anggapan tersebut adalah tidak benar. Kami pun juga sangat berterimakasih banyak kepada pimpinan FKIP Universitas Muhammadiyah Mataram (Ummat) yang selalu mendampingi dan memberikan kami perhatian saat kita menjalani PLP2 ini. Saat di lombok, kami melakukan aksi sosial kepada anak-anak disana untuk menghilangkan rasa trauma (Trauma Healing) setelah dilanda gempa. Semoga disuatu saat, kami ingin mengunjungi lagi lombok dan kami ingin memajukan dunia pendidikan disana”.

Sebelum pemutaran film dokumenter, masing-masing perwakilan setiap destinasi mengambil nomor undian untuk mendapatkan giliran kapan film dokumenter mereka akan diputar. Juri yang bertindak pada acara tersebut adalah Ibu Irma Yuliana, Ibu Main Sufanti, dan Bapak Budi Santoso. Masing-masing juri menyimak dan menilai setiap film dokumenter yang diputar. Setelah film dokumenter selesai diputar, maka masing-masing juri menyerahkan form penilaian kepada panita untuk menghitung dan mengakumulasi nilai dari ketiga juri. Nilai juri sudah didapat, dan para peserta pun juga ditidak sabar menanti untuk mengetahui dari destinasi mana saja yang berhasil meraih juara. Hasilnya adalah sebagai berikut:

Juara I: Palu

Juara II: Sorong

Juara III: Pontianak

Juara Harapan I: Medan

Juara Harapan II: Makassar

Juara Harapan III: Khon Kaen University (KKU) Thailand

Destinasi Pejuang Pendidikan: Fatoni University (FTU) Thailand, Belitung dan Mataram.

Teriak bahagia pecah setelah semua hasil diumumkan, terlebih lagi untuk destinasi yang mendapatkan Juara I. Semua anggota kelompok pun berteriak riang bahagia menyambut kemenangan.

Semoga dengan berakhirnya PLP2 Terintegrasi KKN Dik ini kami selaku pimpinan prodi berharap kepada seluruh peserta dapat memetik hikmah positif dari setiap apa yang kalian sudah lakukan saat melakukan PLP2. Apa yang kalian dapat itu, semua akan menjadi bekal kalian dimasa yang akan datang dan juga akan bisa membuat kalian berfikir lebih dewasa. Kami tunggu kalian semua untuk menjadi Pelopor di Dunia Pendidikan.

Lampiran:

  1. Film Dokumentasi PLP2 Terintegrasi KKN Dik di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia  2018
  2. Film Dokumentasi PLP2 Terintegrasi KKN Dik di Khon Khaen University Thailand 2018
  3. Film Dokumentasi PLP2 Terintegrasi KKN Dik di Fatoni University Thailand 2018
  4. Film Dokumentasi PLP2 Terintegrasi KKN Dik di Bangka 2018
  5. Film Dokumentasi PLP2 Terintegrasi KKN Dik di Belitung Timur 2018
  6. Film Dokumentasi PLP2 Terintegrasi KKN Dik di Belitung
  7. Film Dokumentasi PLP2 Terintegrasi KKN Dik di Kendari
  8. Film Dokumentasi PLP2 Terintegrasi KKN Dik di Lombok
  9. Film Dokumentasi PLP2 Terintegrasi KKN Dik di Medan
  10. Film Dokumentasi PLP2 Terintegrasi KKN Dik di Pontianak 
  11. Film Dokumentasi PLP2 Terintegrasi KKN Dik di Sorong 2018
  12. Film Dokumentasi PLP2 Terintegrasi KKN Dik di Palu

Sumber: fkip.ums.ac.id