Bayat, Klaten- Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi Atlantis melakukan program Pengabdian Masyarakat betajuk “GEOTION MENGABDI” bertemakan Pelatihan Mitigasi Bencana Untuk Mengurangi Risiko Bencana Gempa Bumi Di Desa Tawangrejo, Bayat, Kabupaten Klaten.

Tujuan diadakannya Pengabdian Masyarakat di Desa Tawangrejo yakni untuk mengembangan serta melatih potensi dan kesadaran masyarakat mengenai bencana gempa bumi, meningkatkan kemampuan dalam penanganan bencana gempa bumi sejak dini.

Pengabdian masyarakat di lakukan selama 2 hari dimulai dari tanggal 6 sampai 7 Oktober 2018, serangkaian acara pengabdian masyarakat yakni sosialisasi tentang bahaya bencana gempa bumi kepada siswa siswi SDN 2 Tawangrejo dan melakukan games yang bertemakan kebencanaan yang bekerjasama dengan BPBD Kabupaten Klaten. HMP Pendidikan Geografi Atlantis juga menggandeng Lazismu Solo untuk melakukan kegiatan Pengobatan Gratis untuk masyarakat Desa Tawangrejo, pada malam hari nya dilakukan pengajian akbar bertemakan “Mengambil hikmah di balik bencana” yang di hadiri oleh masyarakat Desa Tawangrejo, rangkaian acara Pengabdian Masyarakat di tutup dengan acara lomba anak anak yang meliputi lomba mewarnai, menulis puisi, menggambar, dan lomba futsal anak anak.

Diharapkan dengan diadakannya pengabdian masyarakat oleh HMP Pendidikan Geografi dapat semakin mendekatkan mahasiswa terhadap masyarakat serta dapat meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat mengenai bencana gempa bumi agar dapat mengurangi risiko apabila suatu bencana benar-benar terjadi.