Kegiatan kuliah umum merupakan agenda rutin dari Program Studi Pendidikan Geografi UMS yang dilaksanakan setiap semester. Kuliah umum bertujuan untuk memperluas wawasan mahasiswa sehingga pengetahuan mahasiswa tidak hanya disekitar kampus saja. Kuliah umum selalu menghadirkan praktisi maupun akademisi dari luar kampus yang sudah ahli atau memiliki pengalaman yang mumpuni untuk disampaikan kepada mahasiswa.

Kuliah umum untuk semester genap tahun ajaran 2018/2019 menghadirkan pembicara dari Staff Ahli Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG). Beliau adalah Drs. Subandriyo, M.Si. yang pernah menjabat sebagai kepala BPPTKG pada saat situasi krisis erupsi Gunungapi Merapi pada tahun 2010. Tema dari kuliah umum kali ini adalah “Integrasi Pendidikan Kebencanaan dalam Optimalisasi Ketahanan Masyarakat di Lereng Gunung Merapiā€.

Bapak Subandriyo menyampaikan secara detail kondisi geologi di Indonesia serta tingkat ancaman bencana yang ada di Indonesia. Bencana erupsi gunungapi khususnya Merapi menjadi fokus pemantauan BPPTKG. Penggunaan Early Warning System (EWS) selalu ditingkatkan untuk menambah keakuratan dalam memprediksi letusan Merapi. Selain EWS yang selalu ditingkatkan, manusia yang tinggal di sekitar lereng Merapi juga perlu ditingkatkan kapasitasnya, dalam hal ini pendidikan kebencanaan bagi masyarakat di Lereng Merapi menjadi sesuatu yang sangat penting. BPPTKG bersama BPBD bekerjasama dalam program peningkatan kapasitas masyarakat di Lereng Merapi tersebut.

Kuliah umum ini di laksanakan di Auditorium Moh. Djazman Kampus 1 Universitas Muhammadiyah Surakarta pada tanggal 26 Juni 2019 yang dimoderatori oleh Yunus Aris Wibowo, S.Pd.,M.Sc. Mahasiswa yang ikut serta dalam kegiatan kuliah umum meliputi mahasiswa Pendidikan Geografi semua angkatan sehingga pemahaman mahasiswa juga semakin meningkat

 

Tags: , , , , ,