Dinamika dunia pendidikan sebanding dengan perkembangan IPTEK saat ini, terutama perkembangan media pembelajaran. Geografi adalah bidang ilmu yang mempelajari tentang fenomena kebumian dengan pendekatan keruangan, kelingkungan, dan kompleks wilayah. Geografi diajarkan di sekolah pada jenjang SMA dan diajarkan pada mata pelajaran IPS pada jenjang SMP. Perkembangan IPTEK dan dinamika dunia pendidikan menuntut seorang pendidik untuk mampu mengikuti perkembangan tersebut. Program Studi Pendidikan Geografi FKIP UMS menyadari akan pentingnya perkembangan IPTEK untuk menunjang pembelajaran di sekolah, oleh sebab itu Program Studi Pendidikan Geografi FKIP UMS menyelenggarakan kompetisi media pembelajaran  geografi bagi calon pendidik dengan nama “Geography Instructional Media Competition (GIMC)”.

Kompetisi media pembelajaran geografi ini terbuka bagi mahasiswa Perguruan Tinggi Muhammadiyah dari seluruh Indonesia. Pelaksanaan babak final GIMC 2019 dilaksanakan di Ruang Cakap Gedung C FKIP UMS pada tanggal 29 Juni 2019. Terpilih 5 peserta yang masuk ke babak final. Dalam babak final, peserta dinilai oleh dua orang dewan juri, yaitu Bapak Jumadi, Ph. D dari Fakultas Geografi UMS dan Bapak Sunaryo, S.Pd. yang merupakan ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Geografi Kabupaten Sukoharjo. Para peserta mempresentasikan hasil media yang sebelumnya sudah diupload di platform youtube.

Pada penghujung acara, dewan juri mengumumkan hasil penilaian. Setelah dilakukan pengolahan nilai dan diperoleh juara 1 atas nama Febriyana Niken Yuliartika dari Pendidikan Geografi UMS dengan media pembelajaran berupa  media analog “Disaster Surprise Box”. Juara dua diberikan kepada Ahmad Midun Sanjaya dan Reni Selfi dari Pendidikan Teknik Informatika UMS dengan media berupa pengembangan teknologi Virtual reality untuk pembelajaran geografi pada materi kebencanaan. Selanjutnya juara tiga oleh Mayantika Humairoh dengan media berupa video animasi bencana tanah longsor. Juara Harapan satu diberikan kepada Ayu Sekartaji berupa video animasi tentang evakuasi bencana erupsi gunungapi dan juara harapan II diberikan kepada Mughny Labib Shofan dari Pendidikan Geografi Universitas Muhammadiyah Purwokerto dengan media berupa video documenter untuk pembelajaran geografi pada materi sumberdaya alam.