Sekitar Bulan Agustus, salah satu mahasiswa memberikan informasi mengenai lomba karya tulis ilmiah, yaitu lomba National Research CAMP 2019 (NARESCAMP 2019) yang dilaksanakan oleh UKM Penelitian Universitas Negeri Semarang (UNNES). NARESCAMP 2019 sendiri merupakan serangkaian kompetisi karya ilmiah yang berbasis pengabdian kepada masyarakat. Kompetisi ini dilaksanakan di Dukuh Kluwak, Gonoharjo, Limbangan, Kendal. NARESCAMP 2019 dilaksanakan pada 17-20 Oktober 2019. Kompetisi tersebut juga diikuti oleh mahasiswa Pendidikan Geografi, Universitas Muhammadiyah Surakarta yang diwakili oleh 3 mahasiswa yaitu Eka Wulan Safriani, Ayu Fatonah, dan Wiwin Haditcianawati. Pendidikan Geografi, UMS berhasil menjadi salah satu finalis yang dapat mengikuti NARESCAMP 2019 bersama dengan 9 finalis dari berbagai Perguruan Tinggi lainnya di Indonesia yang lolos seleksi.

Pada kompetisi ini 3 mahasiswa Pendidikan Geografi mengambil tema Pendidikan, khusunya Pendidikan Kebencanaan. Perlombaan yang diikuti yaitu berupa pengabdian kepada masyarakat dengan memberikan pendidikan kebencanaan menggunakan media berbasis games di SD Negeri 3 Gonoharjo sebagai upaya dalam meningkatkan pengetahuan dan kesiapsiagaan siswa dalam menghadapi bencana. Pengabdian yang dilaksanakan pada tanggal 18 Oktober 2019 dimulai dengan memberikan materi kepada siswa menggunakan berbagai media diantaranya video bencana, lagu bencana dan disaster suprise box. Pada pengabdian ini siswa sangat antusias dalam mengikuti proses pembelajaran dengan materi bencana. Siswa sangat tertarik dalam mengikuti pembelajaran karena pembelajaran dikemas secara menarik dan menyenangkan dengan berbagai game edukatif yang diberikan saat pelaksanaan pengabdian.

Serangkaian kegiatan pengabdian masyarakat diawasi langsung oleh juri yang telah ditentukan oleh panitia untuk menilai setiap proses pengabdian yang dilaksanakan. Juri juga memberikan beberapa pertanyan sebagai salah satu aspek untuk menilai tingkat kesiapan finalis dalam pelaksanaan pengabdian masyarakat. Penilaian juga dilakukan pada saat pameran stand berupa produk yang digunakan dalam pengabdian masyarakat. Pada pameran ini dihadiri oleh warga sekitar Dukuh Kluwak yang ingin mengetahui berbagai produk yang digunakan seluruh finalis dalam melaksanakan pengabdian masyarakat. Stand mahasiswa Pendidikan Geografi,UMS merupakan stand yang paling ramai dikunjungi oleh pengunjung karena produk yang digunakan berupa media berbasis games yang disukai oleh anak-anak. Selain itu penilaian juga dilakukan saat finalis mempersentasikan hasil pengabdian masyarakat dihadapan para dewan juri dan seluruh finalis NARESCAMP 2019.

Tibalah di acara puncak yaitu pengumuman pemenang pada kompetisi NARESCAMP 2019. Kami mahasiswa Pendidikan Geografi tidak berharap banyak pada kompetisi ini mengingat, karena finalis lain lebih berkompeten dalam ajang tersebut dan ini merupakan pengalaman pertama kami dalam mengikuti LKTI. Namun diluar praduga kami, pada saat panitia mengumumkan Juara Harapan II, Syukur Alhamdulillah juara tersebut jatuh kepada Pendidikan Geografi, Univeristas Muhammadiyah Surakarta yang merupakan satu-satunya perguruan tinggi swasta yang mendapatkan juara dalam kompetisi NARESCAMP 2019.

Hikmah yang kami dapat dari mengikuti kegiatan ini yaitu kami mendapat berbagai pengalaman baru serta teman-teman baru dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Pengalaman baru yang kami dapat lebih tepatnya yaitu pengalaman mengenai lomba karya tulis ilmiah yang belum pernah kami ikuti sebelumnya. Berdasarkan pengalaman tersebut kami berpesan agar mahasiswa Pendidikan Geografi, UMS bisa lebih banyak mengikuti lomba sejenis sehingga dapat memiliki kesiapan yang lebih matang serta dapat menambah pengalaman baru dan menjadi The Next Campion. (Ayu Fatonah)

 

Tags: , ,