headerphoto

Sasaran dan Rencana Strategis

Sasaran dan Rencana Strategis

Lulusan diharapkan memiliki kualifikasi sebagai berikut:.

  1. Menguasai dasar-dasar ilmiah dan ketrampilan dalam bidang ilmu geografi sehingga mampu menemukan, memahami, dan menjelaskan dan merumuskan cara penyelesaian masalah yang ada di kawasan ilmu geografi.
  2. Mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan bidang ilmu geografi dalam kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat dengan sikap dan perilaku yang sesuai dengan tata kehidupan bersama.
  3. Mampu bersikap dan berperilaku dalam membawakan diri berkarya di bidang keahliannya maupun dalam kehidupan bersama dalam di masyarakat.
  4. Mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan/ atau kesenian yang merupakan keahliannya, khususnya bidang geografi.

Sosok utuh Kompetensi Profesional Guru, dalam hal ini guru Sekolah Menengah Pertama dan Menengah Atas, terdiri atas kemampuan

  • mengenal secara mendalam peserta didik SMP,SMA dan SMK yang hendak dilayani,
  • menguasai bidang ilmu sumber bahan ajaran geografi , baik dari segi (i) substansi dan metodologi bidang ilmu (disciplinary content knowledge), maupun (ii) pengemasan bidang ilmu menjadi bahan ajar dalam kurikulum SMP, SMA, SMK (pedagogical content knowledge),
  • menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik yang mencakup (i) perancangan program pembelajaran berdasarkan serentetan keputusan situasional, (ii) implementasi program pembelajaran termasuk penyesuaian sambil jalan (mid-course adjustments) berdasarkan on-going transactional decisions berhubung dengan reaksi unik (ideosyncratic response) dari peserta didik terhadap tindakan guru, (iii) meng-ases proses dan hasil pembelajaran, (iv) menggunakan hasil asesmen terhadap proses dan hasil pembelajaran dalam rangka perbaikan pengelolaan pembelajaran secara berkelanjutan, kesemuanya itu dengan selalu merujuk kepada ketercapaian tujuan utuh pendidikan sebagai Rujukan Normatif, dan
  • mengembangkan kemampuan kepribadian dan professional secara berkelanjutan.

Sasaran PS GEO FKIP UMS adalah mencukupi kebutuhan tenaga pendidik bidang studi
geografi dan tenaga kependidikan yang profesional. Sasaran ini dijabarkan secara
operasional sesuai dengan sasaran mutu UMS berikut ini :
1. mahasiswa lulus tepat waktu (< 4 tahun) minimal 10%;
2. lulus memiliki IPK >3,0 minimal 65%;
3. lulusan bekerja pada bidangnya yang relevan dengan waktu tunggu 1 tahun minimal
40%;
4. lulusan memiliki skor tes kompetensi bahasa inggris >450;
5. lulusan bisa mengaplikasikan paket ms office minimal 95%;
6. lulusan memiliki nilai islam dan kemuhammadiyahan >B minimal 90%;
7. dosen melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat lebih dari sekali dalam
setahun minimal 50%; dan
8. dosen melakukan publikasi ilmiah dalam minimal media terakreditasi lebih dari sekali
dalam setahun minimal 25%.
Hasil Rapat Kerja PS GEO FKIP UMS Tanggal 9 Juni 2010 bertempat di Ruang Sidang
Lembaga Penjaminan Mutu (LJM)  UMS menetapkan pengembangan PS GEO FKIP
UMS menekankan pada peningkatan produktivitas pemanfaatan sumber daya yang ada
untuk proses belajar mengajar, melalui sinergi kegiatan penelitian dan pengabdian
masyarakat dengan pelaksanaan proses pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa.
Seiring dengan itu, peluang kerja sama terus dibuka pihak internal maupun eksternal
UMS.
Tahapan jangka pendek pengembangan PS GEO FKIP UMS, yaitu:

  1. Tahap penguatan aktivitas Tri Dharma program studi (2010/2011). Pada tahap ini pengembangan PS GEO FKIP UMS difokuskan pada penguatan kegiatan tri dharma perguruan tinggi pada skala lokal dan penyediaan sumber dayayang dibutuhkan untuk proses belajar mengajar.
  2. Tahap peningkatan kualitas dan kinerja internal (2011/2012). Tahap ini dilakukan terutama melalui standarisasi internal maupun eksternal.
  3. Tahap transisi aktualisasi dan pemantapan kinerja (2012/2013 – 2013/2014).Pada tahap ini pengembangan PS GEO FKIP UMS dititikberatkan pada optimalisasi sumber daya untuk memantapkan kualitas pembelajaran dan kinerja internal sebagai persiapan menuju tahap globalisasi.