headerphoto

Profil Singkat

Profil Singkat

Visi PS PGEO FKIP-UMS merupakan penjabaran dari visi, misi dan tujuan Fakultas Keguruan dan Pendidikan (FKIP) UMS. Visi FKIP UMS adalah menjadi lembaga pendidikan tenaga kependidikan yang menghasilkan tenaga pendidik profesional dan berkepribadian islami. Misi PS GEO FKIP UMS juga diturunkan dari misi FKIP UMS sehingga memiliki keterkaitan yang erat dengan FKIP UMS dimana ingin : 1). menyelenggarakan pendidikan, pelatihan dan pembimbingan untuk menghasilkan tenaga pendidik yang cakap, berjiwa wirausaha dan berkepribadian islami; 2). melaksanakan penelitian dan pengembangan yang mendukung peningkatan kualitas pendidikan, pelatihan dan pembimbingan; dan 3). menyelenggarakan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang terkait dengan peningkatan IPTEKS.
PS GEO FKIP UMS yang beroperasi sejak Tahun 2009 memaknai guru pendidik geografi yang berwawasan SIG adalah guru yang selalu menggunakan SIG sebagai alat bantu dalam pembelajaran. Sedangkan guru berwawasan mitigasi dan manajemen bencana alam berarti guru yang mampu melakukan mitigasi dan manajemen bencana alam dan mengajarkannya kepada siswa.

Pernyataan misi merupakan perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang diselaraskan dengan pemahaman keislaman organisasi Muhammadiyah. Kurikulum yang digunakan disusun dengan mengacu pada visi dan misi di atas.
Dalam rangka menghasilkan output yang berdaya saing, PS GEO FKIP UMS memandang dosen sebagai sumber daya yang utama. Oleh karena itu, peningkatan kompetensi dosen menjadi sebuah keniscayaan. Langkah yang diambil PS GEO FKIP UMS untuk menunjang hal tersebut adalah dengan mengikut sertakan dosen dalam pelatihan serta  diadakan  diskusi  ilmiah dan kuliah umum dengan narasumber  yang kompeten. Dosen juga  melibatkan  mahasiswa  dalam kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat.
Mahasiswa tidak hanya diberikan pengetahuan teoritis tetapi juga peningkatan skill dan ketrampilan dalam bidang SIG. Oleh karena itu, laboratorium sebagai sarana pendukung proses pembelajaran geografi, sudah dilengkapi dengan peralatan komputer dengan spesifikasi yang tinggi dan fasilitas praktikum yang sudah memadai. Selain itu PS GEO FKIP UMS juga menempatkan laboran dengan keahlian dalam bidang SIG untuk membantu dalam pelaksanaan kegiatan praktikum. Modul praktikum sebagai panduan dalam pelaksanaan mata kuliah praktikum juga selalu diupdate agar tidak tertinggal jauh dengan teknologi yang sedang berkembang sekarang.
UMS selalu menjaga keseimbangan  antara ilmu umum dengan ilmu agama. PS GEO FKIP UMS sebagai bagian dari UMS menyeimbangkan hal tersebut dengan mengadakan pengajian rutin setiap bulan sekali untuk dosen dan karyawan, mewajibkan matakuliah keislaman serta kegiatan mentoring untuk mahasiswa seminggu sekali. Selain itu, mahasiswa tahun pertama diwajibkan mengikuti pendalaman materi keIslaman dan keMuhammadiyahan yang dilaksanakan di Ponpes Hajjah Nurriyah Shobron.
Kerjasama yang dikembangkan meliputi Integrasi Pengetahuan Kebencanaan dalam Kurikulum sekolah (2009-sekarang) dengan Sekolah Menengah se-Kabupaten Sukoharjo, Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Muhammadiyah Sukoharjo, Pusat Studi Bencana Alam UGM (2012-2017), Pusat Penelitian Mitigasi Bencana ITB (2012-2017), dan LSM Java Green (2012-2017). Kegiatan lain yang dilakukan Prodi Pendidikan Geografi UMS adalah Diskusi dan seminar kebencanaan serta penyusunan Jalur Evakuasi Bencana di Seluruh Kampus UMS.