headerphoto

Kemahasiswaan

Jumlah mahasiswa FKIP UMS pada awal tahun akademik 2005/2006 sekitar 6000 orang. Jumlah ini setiap tahun mengalami kenaikan, pertambahan jumlah mahasiswa tersebut mengindikasikan meningkatnya kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat kepada FKIP-UMS.

Kegiatan ektrakurikuler diciptakan dan dilaksanakan sebagai jawaban supaya kegiatan perkuliahan berkualitas; selanjutnya mengadakan gerakan pengembangan penelitian melalui pengiriman tim LKTI, mahasiswa berprestasi, dan pelatihan penelitian di berbagai program studi yang ada, mengadakan pelatihan kepemimpinan, keislaman, minat dan bakat (bidang seni dan olah raga). Mahasiswa melalui kegiatan ektrakurikuler dapat mengaktualisasikan diri dan mengembangkan potensi pribadinya. Hal ini juga dilakukan oleh FKIP UMS untuk meningkatkan kualitas sarjana yang dihasilkan. Tiga landasan pokok pijakan kegiatan ektrakurikuler, adalah: religiusitas, intelektualitas, dan humanitas. Pengembangan potensi, kepribadian, dan kepemimpinan mahasiswa di FKIP UMS diformulasikan dalam empat bidang kegiatan: :

1. Penalaran dan keilmuan;

2. Minat dan Bakat;
3. Kesejahteraan dan pengabdian pada masyarakat, dan

4. Al-Islam Kemuhammadiyahan..

Seluruh kegiatan mahasiswa di atas terwadahi dalam lembaga kemahasiswaan yang meliputi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Dewan Perwakilan Mahasiwa (DPM, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), dan unit-unit penunjang seperti: Himpunan Mahasiswa Pecinta Lingkungan Hidup (HMPLH), Teater Wejang, dan Majalah FIGUR. Terdapat juga kegiatan tahunan yang diselenggarakan HMJ, IMM, maupun BEM, seperti: Lomba Cepat Tepat Matematika Tingkat Propinsi, Lomba Akuntansi Tingkat Propinsi, Kemah Bakti, Pentas Seni, Training Kepemimpinan, Masa Ta'aruf (MASTA), dan lainnya.

Berkembangnya kegiatan ektrakurikuler mahasiswa dapat dilihat dari peraihan prestasi dalam satu tahun terakhir, seperti Juara I LKTI Bidang Pendidikan tingkat Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah; Juara II LKTI Bidang Pendidikan tingkat Wilayah B (se Jawa dan Kalimantan); sebagai wakil LKTI ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) XV di Universitas Airlangga Surabaya dan keluar sebagai Juara IV Tingkat Nasional; Juara I mahasiswa teladan Tingkat Kopertis Wilayah VI.

Bidang kesejahteraan mahasiswa yang diselenggarakan oleh FKIP UMS, meliputi koperasi mahasiswa, pusat konsultasi kesehatan, pusat bimbingan dan konseling, dan pemberian dana beasiswa. Dana beasiswa yang diterima oleh mahasiswa FKIP UMS berasal dari berbagai istansi, seperti: Bank Pembangunan Daerah (BPD) Jawa Tengah, Supersemar, BPPA, BKM, dan UMS menyediakan dana beasiswa sendiri