headerphoto

LAPORAN PENELITIAN Tahun 1 (2012) Tema PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN

Minggu, 18 Agustus 2013 20:23:06 - oleh : admin

MODEL PEMBINAAN PENDIDK PROFESIONAL (Suatau Penelitian dengan Pendekatan Lesson Study pada Guru-Guru Sekolah MuhammadiyahKabupaten Sukoharjo

 

Oleh

Tjipto Subadi 1 *) . Sri Sutarni 2), Rita P. Khotimah 2)

1) Pendidikan Geografi FKIP-UMS 2) Pendidikan Matematika FKIP-UMS

*) email; tjiptosubadi@yahoo.com

 

MODEL PEMBINAAN PENDIDIK PROFESIONAL

(Suatu Penelitian dengan Pendekatan Lesson Study pada Guru-Guru Sekolah Muhammadiyah Kabupaten Sukoharjo)

 

 

ABSTRAK

 

 

Tujuan penelitian ini mendiskripsikan; 1) identifikasi permasalahan peningkatan profesional guru-guru sekolah Muhammadiyah Kabupaten Sukoharjo melalui lesson study, 2) langkah-langkah lesson study yang efektif untuk meningkatkan profesionalitas guru tersebut, 3) validasi model pembinaan profesinal guru dalam sekala terbatas, 4) model pembelajaran aktif inovatif kreatif efektif dan menyenangkan dengan menngunakan pendekatan lesson study untuk meningkatkan profesional guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologis, paradigmanya definisi sosial yang bergerak pada kajian mikro, subjek penelitiannya kepala dinas pendidikan, kepala sekolah, guru, anggota DPRD. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan fist order understanding dan second order understanding. Kesimpulan penelitian ini: 1) terdapat empat masalah dalam upaya meningkatkan profesionalitas pendidik yaitu: permasalahan internal, eksternal, komitmen dan kemauan guru 2) Langkah-langkah lesson study yang efektif adalah lesson study berbasis research PTK (Penelitian Tindakan Kelas); dengan tahapan paln-do-see; dioordinasikan melelui MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah), implentasi lesson study berbasis MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran. 3) Validasi lesson study sebagai model berkaitan dengan banyak validasi antara lain; validasi tim lesson study, jadwal pelaksanaan, konsistensi dan kontinuitas, dokumentasi, peningkatan mutu pembelajaran, tanggapan kepala sekolah dan siswa, dan validasi pakar sebagai pendamping. 4) Model pembelajaran aktif inovatif kreatif efektif dan menyenangkan dalam lesson study adalah model pembelajaran berbasis kolaboratif dan kooperatif, sedangkan efektifitas lesson study sebagai model pembinaan guru berbasis MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) implemantasinya oleh guru model di sekolah masing-masing.

 

 

 

Kata Kunci: peningkatan, profesional, pendidik, lesson study, validasi, model

 

 

 

Full text tersedia bagi yang memerlukan. Bagi pengunjung yang memerlukan full-text artikel ini dapat mengirimkan permohonan melalui tjiptosubadi@yahoo.com dengan menyertakan biodata dan Bisa di Unduh di Web:

http://www.tjiptosubadi.com/

 

 

 

 

 

 

 

 

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Laporan Penelitian" Lainnya