headerphoto

Seminar on Natural Disaster Mitigation

Sabtu, 20 Agustus 2011 04:28:07 - oleh : rozaq

CALL FOR PAPER

Yogyakarta, 13 September 2011

Seminar Mitigasi Bencana Alam dan Ulang Tahun ke 10 Program Pendidikan Bencana di MPBA-FTUGM

Seminar on Natural Disaster Mitigation and the 10th Anniversary of Disaster-related Education through MPBA-FTUGM

 

Latar Belakang dan Tujuan

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan wilayah yang sangat luas, terletak diantara beberapa lempeng tektonik, dan merupakan wilayah yang sangat rentan dengan bencana alam, antara lain gempa bumi, tsunami, aktivitas vulkanik (gunung berapi), banjir, kekeringan, longsor, aliran lahar, banjir bandang, serta badai hujan ataupun puting beliung. Beberapa kejadian bencana selama hampir satu dekade tarakhir diantaranya gempa bumi dan tsunami di Aceh (2004), longsor di Banjarnegara (2006), gempa bumi di jawa Tengah dan Yogyakarta (2006), banjir di Bengawan Solo (2007), Gempabumi di Tasikmalaya dan Padang (2009), serta erupsi Gunung Merapi (2010). Ditambah dengan pesatnya laju pertambahan penduduk di kawasan yang rawan bencana tersebut maka persoalan penanganan bencana alam perlu mendapat perhatian yang seksama.

Dalam upaya memelihara keberlanjutan penanganan bencana alam, pemerintah Indonesia (melalui Kementerian Pekerjaan Umum) bekerjasama dengan Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada dan Japan International Cooperation Agency (JICA) Jepang, menyelenggarakan program pendidikan S2 (Master) di bidang bencana alam. Program tersebut bernama Magister Pengelolaan Bencana Alam (MPBA) yang bernaung sebagai minat studi di bawah Program Studi S2 Teknik Sipil di Jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada. Program MPBA yang didirikan pada tahun 2001 tersebut saat ini (dalam usianya yang ke 10), telah menghasilkan lebih dari 140 alumni/lulusan yang tersebar diberbagai wilayah propinsi.

Dalam rangka meningkatan kualitas lulusan, pada tanggal 29 Oktober 2010, diresmikanlah suatu jaringan penelitian di bidang penanganan bencana alam yang terkait dengan sedimen, dengan nama: Multimodal Sediment Disaster Network (MSD-Network), beranggotakan beberapa universitas dari dalam dan luar negeri, terutama Jepang. Dengan semakin meningkatnya intensitas bencana alam di Indonesia, serta tersedianya tenaga pengajar yang berpengalaman, selanjutnya dipandang perlu untuk meningkatkan program MPBA tersebut menjadi Program Magister Teknik Pengelolaan Bencana Alam (MTPBA) yang berstatus sebagai Program Studi di lingkungan Fakultas Teknik UGM. Adapun minat studi yang ditawarkan antara lain adalah minat studi bencana gempa, bencana vulkanik, serta bencana keairan. Selanjutnya dalam rangka tetap konsisten dengan usaha mitigasi bencana alam di Indonesia, serta dalam rangka ulang tahun program MPBA, diselenggarakanlah kegiatan dengan judul "Seminar Mitigasi Bencana Alam dan Ulang Tahun ke 10 Program Pendidikan Bencana di MPBA-UGM". Kegiatan tersebut merupakan kerjasama antara JICA-Japan, Kementerian Pekerjaan Umum (PU), Himpunan Ahli Teknik Hidraulik Indonesia (HATHI), Program Magister Pengelolaan Bencana Alam (MPBA-FTUGM), serta MSD-Network.

Waktu dan Tempat Penyelenggaraan

Selasa, 13 September 2011
University Club UGM Hotel and Convention
Jl. Pancasila No.2, Bulaksumur, Yogyakarta 55281, INDONESIA
Telp: +62-274-563461

Agenda
Senin, 12 September 2011
12:00 - 21:00 Pendaftaran
18:30 - 19:30 Makan Malam
19:30 - 20:30 Presentasi JICA: "Sosialisasi Mitigasi Bencana Banjir Bandang"
20:30 - 21:30 Presentasi MPBA-UGM, dilanjutkan: "Malam Ramah Tamah Alumni MPBA-UGM"

Selasa, 13 September 2011
08:00 - 09:00 Pendaftaran Ulang
09:00 - 09:05 Laporan Panitia
09:05 - 09:15 Sambutan dan Pembukaan (Rektor UGM)
09:15 - 09:45 Key Note Speech (Menteri PU)
09:45 - 10:00 Rehat Kopi
10:00 - 12:00 Sesi I ( kurang lebih 16 makalah)
12:00 - 13:00 Istirahat dan Makan Siang
13:00 - 15:15 Sesi II (kurang lebih 18 makalah)
15:15 - 15:30 Rehat
15:30 - 16:00 Ringkasan/Wrapup
16:00 - 16:15 Penutupan
Peserta, Fasilitas, dan Pendaftaran

Alumni MPBA, dosen dan peneliti dari Perguruan Tinggi Negeri/Swasta, baik dalam maupun luar negeri, Sektor Pemerintah (PU, ESDM, Kehutanan, Pertanian, BNPB, dll), serta intansi kedinasan di dari Kabupaten/Kota. Tidak dipungut biaya, dengan fasilitas antara lain konsumsi, sertifikat, serta makalah dalam bentuk hardcopy (peserta tidak diijinkan mendapatkan/mengkopi softcopy makalah). Pendaftaran dilakukan dengan mengisi Formulir Pendaftaran yang dapat didownload dari http://hydraulic.lab.cee-ugm.com/events, termasuk Format Abstrak dan Format Makalah, kemudian mengirimkannya melalui email ke sekretariat panitia, atau dengan cara pendaftaran online. Panitia berhak menyeleksi makalah yang akan dipresentasikan.

Tema dan Sub-tema

Tema dan sub-tema dari "Seminar Mitigasi Bencana Alam dan Ulang Tahun ke 10 Program Pendidikan Bencana di MPBA - FT UGM" dideskripsikan seperti berikut. Tema seminar adalah Peningkatan Peran Mitigasi dalam Penanganan Bencana Alam secara Terpadu yang ditekankan pada usaha pengurangan permasalahan bencana alam secara umum, baik pada berbagai taraf siklus bencana (rehabilitas-rekonstruksi, mitigasi, pencegahan, kesiapan, tanggap darurat), maupun dari segi jenis bencana (gempa, banjir, erupsi volkanik, longsor, banjir bandang, kekeringan, dll). Pemakalah bebas menentukan judul (namun tidak terbatas) pada sub-tema berikut:

  • Fenomena dan Penanganan Bencana Gempa
  • Erupsi Gunung Api dan Lingkungan
  • Analisis Resiko dan Pengelolaan Bencana Keairan (Banjir, Kekeringan, Banjir Bandang,Tsunami, dll)
  • Pengurangan Resiko Bencana Alam berbasis Sosial-Budaya Masyarakat
Poster

Bagi peserta yang berminat berperan serta dalam bentuk penyajian poster, terlampir disampaikan contoh poster yang dapat diacu sebagai format umum penyajian poster. Format Poster tersebut dapat didownload di sini, dapat diubah seperlunya sesuai dengan kebutuhan, namun memuat beberapa item penting seperti berikut:
- Judul poster
- Penyusun poster (nama penulis, asal institusi, alamat/email institusi)
Bagi peserta yang posternya dinyatakan diterima diharapkan dapat menyerahkan dalam bentuk soft copy dan hard copy (berwarna) dengan ukuran A1 (594mm × 841mm). Panitia berhak menseleksi poster yang akan ditampilkan.

Jadwal Penting
18 August 2011 Deadline of full paper/poster submission
19 - 22 August 2011 Evaluation for incoming full paper and poster
23 August 2011 Announcement of the evaluation result to author
23 - 25 August 2011 Revision by authors based on the evaluation
26 August 2011 Deadline of revised full paper/poster submission
27 August 2011 Notification for full papers/posters acceptance
Penyelenggara/Sekretariat

Steering Committee:
Sekjen SDA Kementerian Pekerjaan Umum
Dekan Fakultas Teknik UGM

Organizing Committee:
Haryono Utomo (PU)
Toshiyasu Ueno (JICA-Jakarta)
Bambang Hargono (BBWS Serayu Opak)
Erwin Tri Nugroho (HATHI)
Untung Budi Santoso (PU)
Rachmad Jayadi (UGM)
Istiarto (UGM)
Joko Sujono (UGM)
Darmanto (UGM)
Djoko Legono (MSD Network)

Sekretariat:
"Seminar Mitigasi Bencana Alam dan Ulang Tahun ke 10 Program Pendidikan Bencana di MPBA-FT UGM"
Jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan,
Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada
Jl. Grafika No.2, Yogyakarta 55281, INDONESIA
Telp: Diana (0812 269 6614)
Fax: 0274-519788
Email: mpba.ugm@gmail.com
Web: http://hydraulic.lab.cee-ugm.com/events/

Download

Brosur Seminar Mitigasi Bencana
Formulir Pendaftaran
Format Abstrak
Format Makalah
Format Poster

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Mitigasi Bencana dan manajemen Bencana Alam" Lainnya