headerphoto

LAPORAN PENELITIAN (2007)Peningkatan Kualitas Micro Teaching dan PPL (Program Pengalaman Lapangan)

Jum`at, 16 Agustus 2013 22:13:14 - oleh : admin

Peningkatan Kualitas Micro Teaching dan PPL (Program Pengalaman Lapangan) Melalui Lesson Study bagi Calon Guru Matematika Pada Program Studi Pendidikan MatematikaFKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta(Penelitian PHK A2 Batch III Diikti, Jurusan MIPA, Beaya Dikti Depdiknas,Tahun 2007).

 

Tjipto Subadi

FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta

Jl. A. Yani Pabelan Kartasura Tromol Pos 1 Surakarta 57102 Telp. 0271-717417 psw.143

Email: Tjiptosubadi@yahoo.com

 

RINGKASAN PENELITIAN

Tujuan Penelitian adalah(a) Identifikasi masalah peningkatan kualitas micro teaching dan PPL melalui lesson study bagi calon guru matematikan pada Program Studi Pendidikan Matematikan FKIP-UMS (b) rancangan model untuk meningkatkan kualitas micro teaching dan PPL dengan pendekatan lesson study bagi calon guru matematikan FKIP-UMS (model konseptual pembelajaran yang dirancang berdasarkan masalah-masalah pembelajaran yang teridentifikasi tersebut di atas) (c) model peningkatan kualitas micro teaching dan PPL (Program Pengalaman Lapangan)

Produk Peleitian dicapai dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dengan cara servey dan observas latihan pembelajaran laboratoris di laboratorium Micro teaching dibantu dengan wawancara dan angket. Analisis datanya dengan first order understanding dan second order undertsanding, sedang alur analisis datanya menggunakan teori reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan /verifikasi.

Hasil penelitian ini adalah (1) Kendala utama Peningkatan Kualitas pengajaran Micro Teaching dan PPL antara lain; kemampuan calon guru dalam penguasaan dan pengembangan kurikulum menjadi pembelajaran berkualitas, minimnya ketersediaan sumber belajar yang dimiliki siswa, pola pemanfaatan potensi alam sekitar untuk mendukung kegiatan pembelajaran, masalah pola interaksi pembelajaran dan pola pengembangan pembelajaran yang berkaulitas, pengembangan instrumen penilaian hasil pembelajaran berkualitas,kemampuan dosen dalam penguasaan Micro Teaching sebagai in service training bagi calon guru dan pre service training bagi guru dan dosen,kurangnya peran dosen Mata Kuliah Keahlian (Mata Kuliah yang menunjang materi bidang studi matematika) dalam pengembangan materi pembelajaran berkualitas, dan belum menggunakan memperhatikan sistem magang.

2. Rancangan Model Meningkatkan Kualitas Micro Teaching dan PPL dengan Pendekatan Lesson Study.Rancangan micro teaching yang efektif dengan pendekatan lesson study dan PPL mencakup 3 (tiga) tahap kegiatan, yaitu (1) perencanaan (planning), (2) implementasi (action) pembelajaran dan observasi (3) refleksi (reflection) yang dikembangkan dalam tiga model yaitu: (a) Model Peningkatan Kualitas Kooperatif (Improvement Model of Quality of Co-Operative) (b) Model Peningkatan Kualitas Berdasar Masalah (Improvement Model of Quality of Based on Problem), dan (c) Model Peningkatan Kualitas Langsung (Improvement Model of Quality of Direct)

3. Peningkatan Kualitas Micro Teaching dan PPL. Peningkatan Kuailitas Micro Teaching dilakukan dengan sistem SLPKB (Sikles Laboratoris Penguasaan Ketrampilan Belajar) model PTK. Model ini diawali dengan Sikles pertama; (a) Kajian Akademik, yakni kajian awal untuk melakukan penyidikan dalam upaya kajian pendalaman materi ajar (b) Kajian Pembuatan RMP secara keseluruhan, (c) Pelaksanaan Tindakan dan Observasi, dan (d) Evaluasi dan Tindak Lanjut. Memasuki siklus berikutnya dimulai dengan (a) Tahap Perencanaan Lanjut sebagai revisi atas perencanaan yang disusun sebelumnya, (b) Pelaksanaan Tindakan dan Observasi Lanjutan, dan (c) Refleksi Lanjut. Dan seterusnya.

Sedangkan Peningkatan PPL dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut; (1) Persiapan PPL (koordinasi dengan sekolah-sekolah praktikan, pendaftaran dan penempatan mahasiswa, penetapan dosen pembimbing dan guru pamong, pembekalan dosen pembimbing dan guru pamong, dan pembekalan mahasiswa) (2) Kegiatan PPL (observasi lapangan, praktik pembelajaran, praktik persekolahan, dan penyusunan laporan PPL) (3) Pendekatan Sistem Magang dan (4) Berpedoman pada Instrumen Penilaian Kinerja Guru (IPKG) (Prapembelajaran, membuka pembelajaran, kegiatan inti pembelajaran meliputi (penguasaan materi, srtategi/pendekatan pembelajaran, pemanfaatan sumber pembelajaran, pebelajaran yang memicu dan memelihara keterlibatan siswa, penilaian proses dan hasil belajar, penggunaan bahasa yang benar) dan, (5) Evaluasi kinerja.

B. Saran-Saran

Pelaksanan Mata Kuliah Micro Teaching dan PPL di FKIP-UMS sudah dilaksakan dengan baik. Untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan micro teaching dan PPL hal-hal yang perlu diperhatikan antara lain: (1) Sarana dan prasarana mengajar yang berbasis IT bagi mahasiswa PPL perlu dipikirkan pengadaannya oleh FKIP. (2) Peningkatkan kualitas lulusan dan profesionalitas guru lulusan FKIP-UMS perlu disusun program PPL dengan sistem magang. (3) Sekolah Lab. (Sekolah Latihan FKIP-UMS) sangat dibutuhkan dalam rangka menunjang sistem magang. (4) Di perlukan Evaluasi kinerja.

 

Full text tersedia bagi yang memerlukan. Bagi pengunjung yang memerlukan full-text artikel ini dapat mengirimkan permohonan melalui tjiptosubadi@yahoo.com dengan menyertakan  biodata dan Bisa di Unduh di Web:

http://www.tjiptosubadi.com

 

 

DAFTAR PUSTAKA

DGSE. (2002). Report on Validation and Socialization of the Guideline of Syllabi and Evaluation System of Competent-Based Curriculum for Mathematics in Manado, North Sulawesi. Jakarta: Depdiknas.

Denzin K. N., Lincoln S. Y., 1994, Hand Book of Qualitative Research, London- New Delhi: Sage Publications.

Fernandez, Clea and Yoshida, Makoto. (2004). Lesson Study : A Japanese Approach to Improving Mathematics Teaching and Learning. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Publishers.

Garfield, J. (2006). Exploring the Impact of Lesson Study on Developing Effective

Statistics Curriculum. (Online): diambil tanggal 19-6-2006 dari: www.stat.auckland.ac.nz/-iase/publication/-11/Garfield.doc.

Lewis, Catherine C. (2002). Lesson study: A Handbook of Teacher-Led Instructional Change. Philadelphia, PA: Research for Better Schools, Inc.

Lincoln, Y. S., Guba, E.G., 1984, Naturalistic Inquiry, California: Sage Publication.

Miles, B. M., Michael, H., 1984, Qualitative Data Analisys, dalam H.B. Sutopo, Taman Budaya Surakarta dan Aktivitas Seni di Surakarta, Laporan Penelitian, FISIPOL UNS.

Moleong J. L., Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Morgan, Shawn. 2001. Teaching Math the Japanese Way (Online), Diambil tanggal 16 Mei 2005 dari: http://www.as1.org/alted/lessonstudy.htm,.

Robinson, Naomi. 2006. Lesson Study: An example of its adaptation to Israeli middle school teachers. (Online): stwww.weizmann.ac.il/G-math/ICMI/ Robinson proposal.doc

Richardson, J. 2006. Lesson study: Teacher Learn How to Improve Instruction. Nasional Staff Development Council. (Online): www.nsdc.org. 03/05/06.

Saito, E., Imansyah, H. dan Ibrohim. 2005. Penerapan Studi Pembelajaran di Indonesia: Studi Kasus dari IMSTEP. Jurnal Pendidikan "Mimbar Pendidikan", No.3. Th. XXIV: 24-32.

Saito, E., (2006). Development of school based in-service teacher training under the Indonesian Mathematics and Science Teacher Education Project. Improving Schools. Vol.9 (1): 47-59

Sukirman. 2006. Peningkatan Profesional Guru Melalui Lesson Study.Makalah Pelatihan Lesson Stady Bagi Guru-Guru Berprestasi dan Pengurus MGMP Se-Indonesia.

Tim Piloting. (2002). Laporan Kegiatan Piloting. Yogyakarta: IMSTEP-JICA FMIPA UNY.

___________ .(2003). Laporan Kegiatan Piloting. Yogyakarta: IMSTEP-JICA FMIPA UNY.

___________. (2004). Laporan Kegiatan Piloting. Yogyakarta: IMSTEP-JICA FMIPA UNY.

Tim PPPMT (2008), Pedoman Praktik Pembalajaran Micro Teaching, Laboratoriu Micro Teaching dan PPL, FKIP-UMS.

Tim Pengembang Sertifikasi Kependidikan. (2003). Pedoman Sertifikasi Kompetensi Tenaga Kependidikan (draft). Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi Ditjen Dikti Depdiknas.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Laporan Penelitian" Lainnya