Audit Mutu Internal sebagai Langkah Perbaikan dan Pengembangan Profesionalisme Program Studi Pendidikan Geografi FKIP UMS

Audit Mutu Internal merupakan salah satu strategi pengembangan institusi. Program studi Pendidikan Geografi, FKIP, Universitas Muhammadiyah Surakarta menjalani Audit Mutu Internal pada Hari Senin tanggal 16 Agustus 2021. Kegiatan dilaksanakan secara virtual menggunakan Zoom Meeting. Auditor yang bertugas adalah Bapak Rois Fatoni, S.T., M.Sc., Ph.D dan Drs. Zainal Arifin, M.hum. Fokus Audit Mutu Internal adalah pelaksanaan Rencana Pengembangan Program Studi (RPPS) dan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Program Studi Pendidikan Geografi. Audit yang dilaksanakan ditujukan untuk mengukur kinerja program studi, memastikan kesesuaian arah dan pelaksanaan sistem manajemen mutu serta mengidentifikasi ruang-ruang perbaikan untuk peningkatan mutu di masa yang akan datang.

Dalam audit ini, segenap pimpinan Program Studi Pendidikan Geografi hadir untuk memberikan keterangan terkait program kerja yang telah dilakukan pada tahun akademik 2020/2021. Tim dari Program Studi Pendidikan Geografi memaparkan dan menunjukkan bukti digital tentang ketercapaian indikator kinerja kunci (Key Performance Indicators) pada setiap aspek, meliputi visi misi, tata pamong, kemahasiswaan, pengembangan sumberdaya manusia, pembelajaran, keuangan dan sarana prasarana, riset, publikasi dan pengabdian kepada masyarakat. Mempertimbangkan hasil monitoring dan evaluasi internal serta bukti-bukti pendukung lain yang diperoleh saat visitasi maka tim auditor sepakat untuk memberi nilai Indeks Efektifitas Anggaran sebesar 98,2 dan Nilai Indeks Keterlaksanaan sebesar 97,7.

Kelebihan yang menonjol dari Program Studi Pendidikan Geografi adalah prestasi mahasiswa di bidang publikasi ilmiah. Mahasiswa program studi Pendidikan Geografi telah rutin melaksanakan publikasi hasil penelitian pada Jurnal terakreditasi SINTA 2 dan 3. Materi yang disajikan pada jurnal ilmiah adalah hasil penelitian melalui skema Praktek Kerja Lapangan (PKL), tugas akhir maupun kolaborasi dengan dosen.