Tim Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi Juara 2 Lomba Cipta Media Pembelajaran Nasional

Media pembelajaran merupakan hal yang sangat penting selama proses pembelajaran, khususnya pada saat pembelajaran online seperti saat ini. Adanya kebijakan ‘belajar dari rumah’ akibat pandemi Covid-19 menyebabkan terjadinya perubahan mendadak pada sistem pembelajaran, termasuk pada penggunaan media pembelajaran. Hal tersebut mendorong tim mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Geografi dan Program Studi Pendidikan Teknik Informatika FKIP UMS untuk mengembangkan suatu media pembelajaran berbasis IT. Media pembelajaran tersebut diikutsertakan pada Lomba Cipta Media Pembelajaran Nasional yang diselenggarakan oleh FKIP UNIVET. Lomba yang mengambil tema ‘Inovasi Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Menuju Merdeka Belajar di Masa Pandemi’ ini diikuti oleh 105 peserta dari berbagai universitas.

Karena tema lomba difokuskan pada media pembelajaran berbasis IT maka, tim mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Geografi (Siti Nur Hidayatush Sholikha dan Kuny Hidayah) dan Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (Wanes Prasetyo) FKIP UMS mengembangkan suatu games pembelajaran untuk materi bencana dengan nama ‘SIAGA (School Disaster Mitigation Games)’. Pemilihan materi bencana tersebut disesuaikan dengan ciri khas dari Program Studi Pendidikan Geografi FKIP UMS yaitu mitigasi bencana. Selain itu, pemilihan materi juga dipengaruhi oleh banyaknya siswa yang menjadi korban bencana sehingga pemahaman bencana wajib dimiliki oleh siswa di Indonesia. Hal tersebut sesuai dengan pernyataan Siti Nur Hidayatush Sholikha berikut ini

‘Jika melihat indeks risiko bencana, wilayah di Indonesia dikelilingi oleh berbagai jenis bencana dan seringkali siswa memiliki pengetahuan yang rendah terkait upaya mitigasi bencana. Hal tersebut dikarenakan terbatasnya materi dan media pembelajaran yang membahas tentang bencana. Oleh karena itu, kami mengembangkan suatu games kebencanaan agar siswa tertarik mempelajari bencana dengan lebih mendalam lagi’ ujarnya.

Pemilihan materi kebencanaan di dalam pengembangan games mendorong tim mahasiswa tersebut memperoleh Juara 2 pada Lomba Cipta Media Pembelajaran Nasional. Pengumuman pemenang lomba dilakukan pada Hari Senin, 3 Mei 2021 melalui zoom meeting. Diharapkan melalui kemenangan ini, mahasiswa akan semakin aktif mengikuti berbagai macam lomba yang ada dan mampu meningkatkan kualitas dirinya. Pengumuman pemenang dapat dilihat pada link ini.