Capaian Pembelajaran Lulusan

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Prodi Pendidikan Geografi telah dituliskan dalam mykurikulum dan pada dokumen kurikulum Pendidikan Geografi Tahun 2022. CPL Prodi Pendidikan Geografi telah mengacu pada SN-Dikti dan Asosiasi.

NoCPL
CPL SN-DIKTI dan Asosiasi
SIKAP
S1Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
S2Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
S3Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
S4Berperan sebagai warga okum yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada okum dan bangsa.
S5Menghargai dimensi spasial, keanekaragaman budaya, agama dan kepercayaan serta pendapat/temuan orisinal orang lain.
S6Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial, serta kepedulian terhadap lingkungan.
S7Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
S8Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
S9Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
S10Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.
S11Ihsan dan fastabiqul khairot (derivasi dari istishlah dan ibadah).
KETRAMPILAN UMUM
KU1Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
KU2Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
KU3Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
KU4Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
KU5Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
KU6Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
KU7Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
KU8Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
KU9Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
PENGETAHUAN
P1Menguasai pengetahuan mengenai deskripsi, dinamika, dan saling ketergantungan (interdependensi) gejala kebumian atmosfer, hidrosfer, litosfer, pedosfer, dan kegiatan manusia.
P2Menguasai konsep dan teknik analisa kelingkungan dan kewilayahan dalam konteks keruangan.
P3Menguasai konsep dan deskripsi prosedur pemanfaatan data penginderaan jauh dalam pembuatan peta standar nasional dalam bentuk dijital menggunakan aplikasi Sistem Informasi Geografis (SIG).
P4Menguasai pengetahuan faktual mengenai dampak pembangunan terhadap lingkungan dan kebencanaan.
P5Menguasai konsep teoritis tentang pedagogi.
P6Menguasai prinsip psikologi perkembangan dan psikologi pendidikan.
P7Menguasai konsep dan teknik pengembangan program pembelajaran, penyajian (metode dan prosedur), pengelolaan, dan evaluasi program pembelajaran geografi dan IPS yang mengarahkan pada ketrampilan hidup (life skill).
CPL PENDIDIKAN GEOGRAFI
SIKAP
S1Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
S2Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
S3Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
S4Berperan sebagai warga okum yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada okum dan bangsa.
S5Menghargai dimensi spasial, keanekaragaman budaya, agama dan kepercayaan serta pendapat/temuan orisinal orang lain.
S6Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial, serta kepedulian terhadap lingkungan.
S7Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
S8Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
S9Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
S10Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.
S11 Ihsan dan fastabiqul khairot (derivasi dari istishlah dan ibadah).
KETRAMPILAN UMUM
KU1Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
KU2Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
KU3Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
KU4Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
KU5Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
KU6Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
KU7Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
KU8Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
KU9Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
PENGETAHUAN
P1Menguasai pengetahuan mengenai deskripsi, dinamika, dan saling ketergantungan (interdependensi) gejala kebumian atmosfer, hidrosfer, litosfer, pedosfer, dan kegiatan manusia.
P2Menguasai konsep dan teknik analisa kelingkungan dan kewilayahan dalam konteks keruangan.
P3Menguasai konsep dan deskripsi prosedur pemanfaatan data penginderaan jauh dalam pembuatan peta standar nasional dalam bentuk dijital menggunakan aplikasi Sistem Informasi Geografis (SIG).
P4Menguasai pengetahuan faktual mengenai dampak pembangunan terhadap lingkungan dan kebencanaan.
P5Menguasai konsep teoritis tentang pedagogi.
P6Menguasai prinsip psikologi perkembangan dan psikologi pendidikan.
P7Menguasai konsep dan teknik pengembangan program pembelajaran, penyajian (metode dan prosedur), pengelolaan, dan evaluasi program pembelajaran geografi dan IPS yang mengarahkan pada ketrampilan hidup (life skill).
KETRAMPILAN KHUSUS
KK1Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran kurikuler, kokurikuler dan ekstra kurikuler, dengan pendekatan pembelajaran siswa aktif dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar, media pembelajaran berbasis ipteks, dan potensi lingkungan setempat, sesuai standar proses dan mutu.
KK2Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam pembelajaran Geografi dan IPS dengan menggunakan peta.
KK3Mampu melakukan evaluasi proses pembelajaran menggunakan penelitian tindakan kelas (action research).
KK4Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya, dan mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif.
KK5Mampu membuat peta untuk menyajikan materi pembelajaran serta menggunakannya sebagai media pembelajaran.
KK6Mampu mengimplementasikan mitigasi bencana di lingkungan sekolah dan masyarakat.
KK7Menguasai keterampilan geopreneur yang inovatif dan kreatif.